Tips dan Trik Mengerjakan Akuntansi

Home Forum Diskusi Artikel Tips dan Trik Mengerjakan Akuntansi

Topik ini mengandung 1 balasan, memiliki 2 suara, dan terakhir diperbarui oleh  Pengelola Situs 8 bulan, 1 minggu yang lalu.

  • Penulis
    Tulisan
  • #16519

    Deal Broz
    Participant

    Mungkin bagi sebagian orang, akuntansi adalah ilmu yang membosankan. Mulai dari pengumpulan bukti transaksi, formulir-formulir, pembukuan, sampai pembuatan laporan keuangan yang sangat menjemukan. Jika kita sedikit saja melakukan kesalahan, maka akibatnya akan sangat fatal, masa depan perusahaan bisa jadi taruhannya. Karena itu, disini aku akan sedikit membahas tentang Tips dan Trik mengerjakan akuntansi khususnya bagi pelajar-pelajar yang punya guru-guru akuntansi yang killer seperti diriku ini.

    1. Sabar

    Seorang akuntan atau yang sedang belajar akuntansi, harus memiliki sifat penyabar. Karena dalam proses pengerjaannya, kita akan banyak menemukan masalah ntah itu menggunakan manual atau software accounting. Saldo neraca tidak balance, saldo laba di neraca lajur tidak sama dengan laporan laba rugi, semua itu butuh kesabaran dalam menyelesaikannya. Kalau kita cepat putus asa, yakin deh, tugas kita tidak akan kelar-kelar dan malah akan semakin berantakan.

    2. Teliti

    Bergelut di bidang akuntansi, pasti kita juga akan bergelut dengan angka-angka yang entah berapa jumlahnya. Ratusan, ribuan, jutaan, bahkan bermilyar-milyar harus kita hitung dengan teliti dan seksama. Bayangkan kalau ketika kita sedang membuat worksheet yang akunnya bejibun, kita salah menuliskan angka. Angka yang semestinya 1000000 kita tulis 100000, tentu itu akan mengacak-acak pekerjaan kita kan? Tak hanya worksheet yang akan semrawut, tapi kesalahan seperti itu juga akan sangat berpengaruh pada laporan keuangan kita yang lain. Parahnya lagi, tentu hal semacam itu akan sangat merugikan perusahaan, jika kita tidak segera memperbaikinya. Karena itu, Be focus ya!!

    3. Konsentrasi

    Dalam mengerjakan akuntansi, sang akuntan harus berkonsentrasi penuh dengan pekerjaannya, apalagi kalau sudah menjelang pembuatan laporan keuangan di akhir periode. Karena satu kesalahan saja akan berakibat sangat buruk dan sulit ditemukan. Makanya, berkonsentrasilah sebelum itu agar kita tidak harus bekerja dua kali dengan memperbaiki kesalahan-kesalahan yang terjadi.

    4. Kerja keras

    Ini point utamanya. Karena Sabar, Teliti dan Konsentrasi bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan (apalagi buat anak-anak malas seperti aku. Kita harus bekerja keras dalam melakukannya, sehingga hasil yang kita dapat dari siklus akuntansi yang kita kerjakan baik dan memuaskan.

    Nah, bagi para akuntan atau orang-orang yang sedang belajar menggeluti ilmu akuntansi, silahkan tanamkan hal-hal diatas dalam diri anda, sehingga anda akan lebih mudah mengerjakannya.

    sumur

  • #16549

    Pengelola Situs
    Keymaster

    Dear Deal Broz,

    Terimakasih atas komentar anda. Tulisan yang bagus.
    Apakah boleh tulisan ini saya letakkan di kolom Artikel sehingga lebih mudah dibaca?
    Terimakasih

Anda harus log masuk untuk membalas topik ini.