Manajemen Waktu dengan Teknik Pomodoro – Biar Kehidupan Online/Offline-mu Nggak Sia-sia!

Artikel ini ditulis oleh Bayu Kuswara Hartono dalam notes Facebook.

Bagi yang berbisnis 100% online dari rumah seperti saya ini, memang betul ada banyak waktu dirumah, tapi itu juga bisa menjadi kelemahan terbesar karena jadi “seenaknya sendiri” ngerjain sesuatu, “ntar sok – ntar sok”, kebiasaan menunda pekerjaan karena BEBAS nggak ada yang ngatur, nggak ada yg mengawasi atau memberi target apalagi dimarahi bos. nggak ada.
“freeeeedamnnn” bangets! ✊
.
Bagi yang mantan karyawan pastilah kesempatan ini digunakan untuk “ajang balas dendam”, bangun tidur seenaknya, mandi sesukanya (seharian bisa lupa mandi) , ngerjain bisnis juga sesempatnya.
.
Akibatnya waktunya habis scrolling newsfeed FB, kepoin status temen/ kompetitor hingga mantan , rajin jadi silent reader status berbagai sosmed, “kesetanan” download ebook, bonus, beli aneka tools tapi omset tak kunjung juga bergerak huhuhuuuu…
..
See? sering ngalami?
beneran deh akhirnya cuman jadi kolektor tanpa tau harus diapain itu tumpukan tutorial/ toolsnya untuk bisa memperbesar bisnisnya, ujung2nya hanya jadi sampah di hard disk, lalu tiba-tiba aja waktu sudah larut & sudah saatnya tidur tanpa produktif samasekali seharian  sering begitu?
.
agar bisa produktif dibutuhkan manajemen waktu.
.
Salah 1 teknik manajemen waktu yang populer adalah POMODORO TECHNIQUE. Teknik Pomodoro diciptakan oleh Francesco Cirillo di penghujung 1980. Kata pomodoro sendiri berasal dari bahasa Italia, yang berarti tomat. Dinamai demikian karena Cirillo menggunakan timer berbentuk tomat saat mengelola waktunya.

Manajemen Waktu - Biar kehidupan onlineoffline-mu nggak sia-sia!

Metode Pomodoro adalah mengerjakan sebuah tugas/ pekerjaan dalam sesi-sesi waktu per 25 menit. Di antara setiap sesi waktu, ada istirahat 5 menit. Setelah menyelesaikan 4 sesi waktu, istirahat dapat dilakukan lebih lama, biasanya 15-30 menit.
.
Tentunya sebelum melakukan itu semua, kita harus membuat perencanaan dulu. apa yang dilakukan, rencana harian, mingguan & bulanan. Jangan sia-siakan waktu. Orang-orang sukses yang saya kenal sangat menghargai waktu. Mereka umumnya sangat sibuk tapi selalu ada waktu untuk mengerjakan yang mereka inginkan.
.
Padahal manusia diberi waktu yang sama 24 jam sehari.
Tapi orang-orang “pemalas”, selalu saja kehabisan waktu.
Dengan memberi alasan yang selogis-logisnya untuk pembenaran.
.
Padahal kalo mau nihhh,
Anda juga bisa tidur lebih awal, bangun lebih pagi, kurangi nonton tv, kurangi browsing yang nggak jelas, jangan dikit2 download, stop kepoin aneka group pembelajaran yang tidak relevan dengan target anda, dll.
.
Bikin perencanaan harian. Catat di notes. dan terutama Manajemen waktu.
Biasakan!
.
Ada banyak sekali tools berbasis desktop/ mobile untuk Task Schedule ini. Cari saja di play store/ google play. Cari yang simple saja. Saya suka pake aplikasi “Remember The Milk” (RTM) ada di android & iphone, ada versi FREE nya yg sudah cukup bagus.
.
Manfaat Pomodoro Technique,
jika Anda memutuskan untuk menggunakan teknik Pomodoro dalam tugas apa pun, Anda akan:
  • Fokus pada tugas yang sedang dikerjakan
  • Menghilangkan kebiasaan multitasking
  • Menuntaskan lebih banyak hal karena ada rasa urgensi
  • Membuat otak & pikiran lebih fresh saat memulai pekerjaan baru
  • Meningkatkan semangat dan konsentrasi
  • Menurunkan kadar stres karena hanya mengerjakan satu hal dalam durasi waktu tertentu
Nah sedangkan untuk aplikasi POMODORO, bisa pakai versi desktop : tomighty (windows/ osX version) & pomodoro time (osX/mac version), untuk versi mobile (iphone/ android) search saja di play store/ google play dengan keyword “pomodoro”.
.
Manajemen Waktu - Biar kehidupan online offline-mu nggak sia-sia - Pomodoro Time Versi Mobile
Software Pomodoro for Mac
Begini cara melakukan Pomodoro Technique secara rincinya (padahal sih simple banget saat prakteknya, tinggal tekan tombol aplikasi & disiplin) :
  1. Pilih sebuah tugas/ pekerjaan Anda dan tentukan waktu total untuk mengerjakan tugas tersebut. Sebagai contoh, Anda mau bikin website untuk jualan/ landingpage offer, misalnya : selama 200 menit. (jadi step berikutnya dibawah ini berdasarkan waktu 200 menit ini, hanya contoh saja) Sehingga kalo di uraikan detil menjadi 6 sesi (6x 25 menit) + (4x 5menit short break) + (1x 30 menit long break), nggak harus persis & presisi waktunya. jika bingung, abaikan saja hitungan tersebut, fokus mau berapa jam kerjanya & tinggal setting pomodoro timernya. simple sih.
  2. Blok waktu selama 25 menit tanpa gangguan. Ini dapat dilakukan dengan mengatur aplikasi pomodoro untuk 25 menit ke depan.
  3. Target misalnya 6 sesi per harinya (6 x 25 menit). Hindari semua gangguan yang muncul, misalnya jangan tergoda membuka Facebook (close saja), membaca email, membalas sms/wa/bbm (silent aja), dan menjawab panggilan telepon yang tidak penting. intinya FOKUS!
  4. Setelah 25 menit akan ada notifikasi di komputer.
  5. Istirahat 5 menit (short break), ambil minum, ke toilet, balesin sms, dsb, prinsipnya bangkit dari tempat duduk atau sekedar meregangkan badan.
  6. Start lagi 25 menit mengerjakan tugas lagi.
  7. Setelah 3x sesi, istirahat 30 menit (setting long break di pomodoro), misal mainan sama anak/ istri/ suami, ngoprek gadget, telpon kolega, ngemil sambil baca buku, packing produk dsb. jangan keterusan ya! harus disiplin! (ada kok notif di aplikasi pomodoro), awal-awal sih biasanya kelewat tapi nggak papa namanya juga belajar disiplin.
  8. Setelah 30 menit. lanjut lagi hingga 3x sesi lagi (3x 25 menit). hingga total dari awal 6x sesi pomodoro dalam hari tersebut (180 menit).
  9. Tambahan : beri apresiasi pada diri anda sendiri jika sudah mencapai setiap 1 target pekerjaan. rayakan kecil-kecilan saja misal berendam / mandi air hangat, bersantai dibelakang rumah bersama keluarga tercinta, karaoke seru2an dirumah bersama family, makan rujak bareng, minum kopi spesial, nonton online movie atau apapun yang membuat anda happy ☕ celebrate it!
.
Dengan mengetahui manfaat dan tahapan di atas, Anda dapat menerapkan teknik Pomodoro di jenis tugas/ pekerjaan apa pun. Dengan demikian, Anda dapat memaksimalkan waktu Anda untuk aktivitas yang produktif, tidak membuang-buang waktu sia-sia lagi.
.
Awalnya memang tidak mudah, butuh penyesuaian dari kebiasaan buruk yang sudah mengerak selama ini, tapi pasti bisa kok disiplin asalkan biasa praktek!

BISA itu karena BIASA!

Dan lihatlah hidup Anda akan asik bangets, teratur, terbiasa dengan target, disiplin, produktifitas meningkat drastis, rajin belajar & rajin praktek, omset mulai ugal-ugalan, rejeki mulai berdatangan, nggak lagi stress karena do nothing.
.
Btw… saya bikin notes ini juga memakai teknik pomodoro…
.
Semoga bermanfaat.

it’s not about “having” time. It’s about making time!

.