Bagaimana Menciptakan Sebuah Brand (Merek) Bisnis

tips, membangun brand usaha

Mari kita lakukan percobaan. Tutup mata Anda dan pikirkan kata pertama yang terlintas dalam pikiran Anda ketika kami mengatakan Apple, McDonald Atau Prada ? Jika jawaban Anda adalah sesuatu seperti elegan, Happy Meal dan mewah, untuk masing-masing kata-kata tersebut, Anda sedikitnya memahami mengenai kekuatan merek. Juga, bila kami menyebut pmpa air, mungkin sebagian besar dari Anda akan mengingat Sanyo.

Sebuah merek bisa menciptakan gambaran hidup dalam pikiran Anda. Hal ini juga dapat menimbulkan emosi yang kuat dalam otak manusia. Tidak heran jika perusahaan-perusahaan besar menghabiskan jutaan dollar untuk bisa menciptakan dan juga melindungi merek mereka. Merek tidak selalu untuk perusahaan besar saja. Usaha kecil juga bisa, dan malah sebenarnya harus melakukan itu sebisa mungkin dalam membangun dan mengelola brand image mereka.

Apa itu brand (merek)?

Banyak orang mengartikan brand dengan logo perusahaan. Padahal nama dan logo perusahaan sama sekali tidak mewakili brand. Brand lebih dari sekedar itu, meski memang memiliki unsur yang terkait dengan nama dan logo perusahaan. Brand adalah gambaran serta emosi yang tercipta dalam pikiran orang, seperti kami singgung di atas. Singkatnya, brand adalah segala sesuatu mengenai bisnis Anda.

Mengembangkan sebuah brand yang besar dapat menciptakan nilai yang signifikan bagi bisnis Anda dalam jangka panjang. Itulah sebabnya mengapa begitu banyak perusahaan menghabiskan begitu banyak waktu, uang dan usaha untuk menciptakan brand. Sebuah brand yang kuat akan membangun pelanggan setia seperti bisa dilihat dalam antrean panjang di Apple Store ketika mereka memperkenalkan produk baru. Hal ini membuat pesaing akan sangat sulit untuk mendapatkan pijakan di pasar Anda. Sebuah brand yang kuat juga membantu Anda meningkatkan penjualan Anda  lewat pemasaran dari mulut ke mulut. Dan pada akhirnya, brand yang kuat bisa mendatangkan profit yang cukup banyak pada neraca Anda.

Lalu bagaimana Anda menciptakan brand yang kuat dan juga mengelolanya? Berikut adalah beberapa tips untuk Anda. :
  1. Pastikan setiap keputusan strategis yang Anda buat menganggap dampaknya terhadap merek. Jika perusahaan Anda mengutamakan kualitas, maka Anda jangan pernah memperkenalkan suatu produk baru ke pasar hanya untuk mengejar lebih cepat sebelum benar-benar memenuhi standar kualitas Anda. Demikian pula degan masalah harga, Anda jangan menurunkan harga hanya untuk meningkatkan penjualan jika memang brand Anda adalah brand premium. Apple tidak pernah menjual produknya dengan harga lebih rendah bahkan jika itu berarti mereka akan kehilangan pangsa pasar.
  2. Pastikan semua karyawan yang bersentuhan langsung dengan pelanggan Anda mengirim pesan yang konsisten tentang brand Anda. Hal ini termasuk produk Anda, pemasaran, layanan pelanggan dan sebagainya. Satu pengalaman pelanggan yang buruk dapat mencederai brand Anda. Mendidik semua karyawan Anda mengenai brand Anda dan meminta mereka untuk mengambil tindakan yang tepat untuk mengusungnya.
  3. Menjaga brand Anda di depan pelanggan Anda melalui berbagai kegiatan pemasaran. Sangat mudah bagi pelanggan untuk melupakan Anda jika mereka tidak melihat brand Anda untuk beberapa waktu. Keluarkanlah anggaran dalam berbagai kegiatan pemasaran untuk mempertahankan merek brand Anda di depan pelanggan Anda.
  4. Lindungi brand Anda dengan segala cara. Jika seseorang salah dalam menilai perusahaan Anda dan brand Anda di media sosial, maka Anda segera lakukan tindakan guna membantah dan memberikan fakta-fakta untuk memastikan semua orang seperti apa dan bagaimana brand Anda.
  5. Akhirnya, bersabar dan gigih. Membangun merek membutuhkan waktu. Tidak mungkin terjadi dalam semalam. Tapi semua waktu dan usaha itu sangat setimpal untuk kelangsungan hidup jangka panjang brand Anda.

Bagaimana pendapat Anda? Brand apa yang menurut Anda paling memberi nilai bagi Anda?

Semoga bermanfaat. Amin…